Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin – Sedikit mengulang penjelasan tentang pengertian Bitcoin yang sebelumnya sudah kita bahas di artikel berjudul ‘Apa Itu Bitcoin’. Secara sederhana, Bitcoin adalah saah satu jenis dari mata uang digital yang beitu banyak tersebar di dunia. Bitcoin tercipta dari sebuah kecanggihan sistem dari teknologi Cryptocurrency.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Bitcoin bisa didapatkan dengan berbagai macam cara, salah satunya dalah dengan cara menambang tau yang bisa juga disebut dengan istilah mining. Oleh karena itulah, beberapa orang juga menggambarkan Bitcoin ini layaknya emas versi dunia maya/dunia internet.

Bitcoin mulai dikenalkan pada publik sejak tahun 2009 secara open source oleh seorang berkewarganegaraan Jepang yang menggunakan nama ID Satoshi Nakamoto. Untuk bisa mengetahui lebih jelas tentang pengertian beserta sejarah dari Bitcoin ini, kalian bisa mengakses informasinya melalui artikel kami sebelumnya disini : Belajar Cryptocurrency? Anda Sudah Tahu Apa Itu Bitcoin?

Sebelum kita jauh lebih dalam mempelajarinya, tentu kita juga harus terlebih dahulu mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Bitcoin. Nah, tak perlu menunggu lama lagi, berikut ini akan kami bagikan untuk anda satyu informasi menarik tentang kelebihan dan kekurangan bitcoin sebagai mata uang digital dari teknologi Cryptocurrency.

Kelebihan Bitcoin

Banyak yang menyukai Bitcoin dan berusaha keras untuk mengumpulkannya dengan berbagai macam cara, hal ini tak luput karena kelebihan yang dimiliki oleh Bitcoin itu sendiri sebagai salah satu jenis mata uang Crypto. Apa saja kelebihan Bitcoin? Berikut ini mari kita ulas secara elbih jauh.

Baca Juga!!  Beberapa Ide Bisnis Online Tanpa Modal

1. Proses Transaksi Lebih Cepat

Hal ini dikarenakan Bitcoin yang mengunakan teknologi Blockchain dalam sitem transaksinya memakai metode peer-to-peer untuk proses pentransferan Bitcoin. Tenologi Peer-to-peer adalah sebuah teknologi dimana sistem transaksi berjalan secara langsung dari pihak pertama ke pihak kedua tanpa melalui bantuan perantara atau pihak ketiga.

Peer-to-peer Blockchai adalah satu teknologi bersifat desentralisasi yang mana semua aktivitasnya tidak terpusan pada server induk. Semua transaksi, pertukaran data, dan lain-lain diproses pada banyak komputer yang tersebar di seluruh dunia dalam sebuah jaringan yang saling terkoneksi.

2. Mudah Untuk Melakukan Transaksi

Semua proses yang berjalan dilakukan dengan cara digital. Maka dari itu, transaksi Bitcoin ini tak terbatas oleh ruang dan waktu. Kalian bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun anda mau. Seperti sistem transfer melalui bank konvensional, anda tak perlu mendatangi outlet khusus yang bekerja sama dengan bank terkait untuk menerima dan mengirimkan saldo. Karena mentransfer dan menerima bitcoin bisa anda lakukan bahkan melaui smartphone saja.

3. Sistem data Transaksi Bitcoin Bersifat Pesudonymous

Semua pertukaran data, dan jejak transaksi Bitcoin bisa kita lihat, namun demikian kita tidak akan tetap tidak bisa mengetahui siapa p[emilik alamat bitcoin yang melakukan transaksi tersebut, kecuali jika memang si pemiliki alamat Bitcoin tersebut memberitahukannya kepada anda.

Baca Juga!!  6+ Pilihan Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Kerahasiaan data sangat ditekankan dalam sistem transaksi Bitcoin ini, meskipun pmilik alamat bisa saja memilih untuk menampilkan namanya. Namun meskipun identitas pengguna dirahasiakan, anda tetap bisa melihat dengan lengkap suam transaksi yang terjadi dan dicatat oleh sistem.

4. Memiliki Tingkat Keamanan yang Tinggi

Bitcoin sendiri terbentuk dari sistem angka acak yang mana adalah bentukan dari sistem kriptografi yang tak mudah untuk dipecahkan. Selain itu, teknologi ter desentralisasi blockchain yang membuat Bitcoin tidak bisa terpusat pada satu server juga semakin menambah tingkat keamannya, sehingga Bitcoin ini tidak akan mudah untuk dimanipulasi datanya.

Kekurangan Bitcoin

Yang teknologi, dibalik kelebihannya pasti juga ada kekurangannya. Berikut ini keurangan Bitvoinyang harus anda tahu.

1. Nilai Tukar yang Fluktuatif

Salah satu alasan mengapa Bitcoin sangat su;lit untuk dijadikan sebuah mata uang atau media penukaran adalah karena harga yang selalu naik turun tidak stabil. Hal ini karena adanya perbedaan yang menjadi garis pemisah antara matau uang koonvensional dengan Bitcoin, yaitu jika amata uang konvensional kenaikan harga yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan politik dunia hingga selisih naik dan turunnya tidak terlalu signifikan dan cenderung stabil. Sedangkan Bitcoin kenaikan harga maupun penurunannya hanya dipengaruhi oleh minat investor, semakin besar minat investor semakin mahal pula harga Bitcoin.

2. Stok Terbatas

Diseluruh dunia ini Bitcoin hanya tersedia sebesar 21 juta koin baik yang sudah dimining maupun belum. Sedangangkan sistem mining bitcoin semakin hari semakin berkurang. Bayangan saja, untuk menciptakan 6 juta sisa Bitcoin yang belum dimining, diperlukan energi listrik dari 1 benua.

Baca Juga!!  Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

3. Bitcoin Bisa Rusak, Hilang atau Terhapus

Bitcoin tak ubahnya seperti sebuah file, yang mana kita tau bahwa file sangat rawan sekali rusak, hilang atau mungkin terhapus karena ada kerusakan pada perangkat. Kondisi ini bisa saja terjadi, meskipun sangat jarang sekali.

Nah, setidaknya itulah tadi kelebihan dan kekurangan Bitcoin yang harus anda pahami sebelum benar-benar memutuskan untuk terjun ke dunia Cryptocurrency dan berbisnis Bitcoin.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin
Scroll to top